Friday, August 22, 2008

Homeschool Stress 2

sambungan...

Quote Mbak melly: "Saya merasa kalau anak selalu berada dilingkungan yang hampir semua sesuai dengan harapan dia"

Tidak kok mbak, banyak keluarga yang memilih untuk menghadapkan anak kepada lingkungan sebagaimana adanya. Menghadapi lingkungan yang tidak sesuai dengan harapan anak juga bagian dari pembelajaran berharga jadi dalam konteks ini homeschooling bukanlah momok seperti sekolah juga bukan momok. Kami hidup dan menjadi bagian dalam dunia nyata maka dari itu lingkungan yang kami hadapi termasuk anak kami juga dinamis, tidak selamanya sesuai dengan harapan.

Quote Mbak Melly: "Jujur saya apalagi pelaku HS adalah orangtua sendiri , dan lingkungan sendiri yang otomatis pasti lebih mencintai dan mencoba memberikan apa yang diharapkan anak."

Seperti orangtua lain (non HS) yang ingin mencurahkan cintanya kepada anak-anaknya ada kalanya kita berkata 'tidak' atau memberikan batasan yang mungkin belum dimengerti anak sehingga terasa tidak enak bagi anak-anak. It's a tough love. Anak-anak juga perlu belajar merasakan cinta meskipun mereka tidak mendapatkan apa yang mereka mau. Hanya saja dalam hal belajar, pengalaman kami seperti ini: Karena anak kami belum cukup dewasa untuk memenuhi kebutuhan belajarnya 100% seorang diri dan mengambil tindakan yang 100% bisa dia pertanggung jawabkannya secara rasional/moral maka kami membuat sebuah lingkaran besar dimana dia bisa dengan bebas memilih apa yang ingin dia pelajari di dalamnya. kami tidak pernah khawatir memberikan kebebasan ini karena pilihan-pilihan yang ada bagi anak kami semuanya baik menurut keluarga kami (malam memilih membaca buku tentang Nazi, pagi bingung ingin membuat sambal tempe seorang diri). Kami berharap dengan adanya kebebasan ini anak kami belajar untuk tidak membohongi diri sendiri dalam belajar, supaya belajar bukan demi papa-mama, bukan untuk 'lip service', bukan demi nilai atau takut akan sesuatu tetapi belajar karena dia bisa merasakan kebutuhan akan itu dari dalam dirinya dan bisa menghargai kemampuan kita untuk belajar sebagai "a precious gift".

Quote mbak Melly:
Saya bangga sekali kalau pelakuku homecshool merasa yakin sekali bahwa anak anaknya jauh lebih baik.

Mungkin dalam hal ini tidak selalu berarti bahwa HSer lebih baik dari non HSer tetapi kami percaya keterlibatan kami sebagai orangtua memberikan fondasi yang penting bagi mereka dan itu jauh lebih baik daripada kita memilih menjadi orangtua yang sama sekali tidak perduli. Lebih baik ukurannya sangat relatif tetapi saya 100% yakin tidak hanya anak saya tetapi kami sekeluarga merasa lebih baik, better-off, karena homeschool dibandingkan dengan pilihan-pilihan lain yang tersedia bagi keluarga kami. It's getting much better every day.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home