Tuesday, July 01, 2008

Tip: Budget HS 8

Di sekolah, untuk melakukan kegiatan mewarnai patung yang terbuat dari 'plaster of paris' biasanya anak-anak dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 - Rp. 20.000 rupiah tetapi dalam homeschool semua biaya itu bisa ditekan.

'Plaster of Paris' dengan nama kimia calsium sulfate hemihydrate bisa di beli di toko-toko pembuatan hiasan gipsum. Harganya kurang lebih Rp. 2.000 per kilogram (Rp. 1.500 apabila membeli dalam jumlah banyak). Cetakan apapun bisa dipakai untuk membuat patung jenis ini. caranya mudah, 'plaster of paris' hanya perlu diaduk dengan air sampai adonan kental menyerupai adonan pisang goreng. Tuangkan dalam cetakan dan tunggu sekitar 1 jam/panaskan dibawah sinar matahari. 'Plaster of Paris' akan mengalami reaksi pelepasan panas dan patung yang keras akan lepas dengan sendirinya dari cetakan.

Patung siap diwarnai, tidak harus dengan cat acrylic, cat air, pensil warna, crayon dan spidol pun bisa dipakai untuk mewarnai.

Jadi, Rp. 10.000 =
mewarnai patung 'Plaster of Paris'
Tidak, Rp. 10.000 =
belajar membeli bahan
belajar reaksi kimia dan nama kimia
belajar seni (tentu saja)
belajar sejarah ( coba research di internet)
belajar mengenai fosil (Plaster of Paris juga digunakan untuk 'casting' fosil)
community service dan kerja sama (undang teman-teman sekampung
untuk menikmati kegiatan bersama)
imaginasi (setelah tahu sifat-sifat 'Plaster of Paris', kembangkan ide-ide yang tidak terbatas)
dst

Siapa saja bisa homeschool dan dana terbatas tidak pernah menghalangi setiap keluarga untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang baik.

1 Comments:

Blogger Eugenia Gina said...

hi, saya baru tau blog ini dari link di keluarga homeschooling, thanks buat masukannya, salut! :D

6:45 AM  

Post a Comment

<< Home