Tuesday, July 01, 2008

Bagian 2 : Homeschool VS Ujian Persamaan

Homeschooler bisa ikut ujian persamaan apabila membutuhkan tetapi bukan berarti mereka yang ikut ujian persamaan bisa disebut homeschooler.

Homeschooler boleh menggunakan jasa bimbingan belajar apabila memerlukan tetapi bukan berarti lembaga penyedia bimbingan belajar itu disebut homeschooling.

Homeschooler yang memilih ikut ujian persamaan harus mendaftarkan dirinya ke diknas melalui PKBM tetapi bukan berarti bahwa PKBM itu bisa disebut homeschooling.

Homeschooling hanyalah bagian kecil dari mekanisme pendidikan kesetaraan yang selama ini dimarginalkan karena dianggap sebagai jalur masyarakat tidak mampu tetapi tidak berarti kehadirannya boleh mengganggu/merusak tatanan yang sudah ada, apalagi mereka yang merasa berada, menyebut dirinya homeschooler, melakukan praktik-praktik tidak lazim demi sebuah ijasah.

Keluarga homeschooling sering menyemangati diri sendiri dengan istilah homeschool = home is cool. But it's not that cool, paling tidak 'cool'nya bersifat subyektif bagi keluarga itu sendiri jadi istilah homeschool tidak perlu dipakai untuk gembar gembor ini itu. it's not that cool really or is it?.

Berita tentang ujian paket A:
http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/01/14221657/
ujian.nasional.paket.a.dimina\
ti.siswa.sd

0 Comments:

Post a Comment

<< Home