Friday, April 04, 2008

Classical Homeschooling dan Daftar Great Books

Kalau rekan-rekan terinspirasi HS karena buku seperti "Well TrainedMind" atau
"The Lost Tools of Learning", menerapkan trivium danquardivium dan mengenalkan
anak-anak kepada "Great Books", ada beberapaalternatif:

Karena classical homeschooling tidak secara langsung dikemas dalam 'view' agama
tertentu, apabila kita memerlukan bahan untuk menunjang classical homeschooling
berdasarkan 'view' dari keyakinan yang kita anut, beberapa yang bisa dikunjungi:
islam classical homeschooling: http://kinzaacademy.com/index.php
christian classical homeschooling: http://www.triviumpursuit.com/index.php

Khalayak sering beranggapan bahwa classical homeschooling adalah
metode homeschooling termahal (ready made curriculumnya jarang ada yang
terjangkau untuk ukuran masyarakat Indonesia secara umum). Kalau kita tidak
terikat pada 'view' agama tertentu, sebenarnya metode classical homeschooling
adalah metode termurah karena semua yang masuk dalam daftar "Great Books" bisa
kita peroleh gratis di www.gutenberg.org

Yang termasuk dalam daftar "Great Books" (satu penulis kemungkinan menulis lebih
dari satu buku):
Aeschylus. Apollonius. Aquinas. Archimedes. Aristophanes. Aristotle. Augustine.
Marcus Aurelius. Austen. Francis Bacon. Balzac. Bergson. Berkeley. The Bible.
Bohr. Boswell. Calvin. Cather. Cervantes. Chaucer. Chekhov. Conrad. Copernicus.
Dante. Darwin. Descartes. Dewey. Dickens. Diderot. Dostoevsky. Eddington.
Einstein. George Eliot. T.S. Eliot. Emerson. Engels. Epictetus. Erasmus. Euclid.
Euripides. Faraday. Faulkner. Fielding. Fitzgerald. Fourier. Freud. Galen.
Galileo. Gibbon. Gilbert. Goethe. Hamilton. Hardy. Harvey. Hegel. Heidegger.
Heisenberg. Herodotus. Hippocrates. Hobbes. Homer. Hume. Huygens. Ibsen. Henry
James. William James. Jay. Joyce. Kafka. Kant. Kepler. Keynes. Kierkegaard.
Lawrence. Leibnitz. Locke. Lucretius. Machiavelli. Madison. Mann. Marx.
Melville. Mill. Milton. Moliere. Montaigne. Montesquieu. Nietzsche. Newton.
Nicomachus. O'Neill. Orwell. Paine. Pascal. Planck. Plato. Plotinus. Plutarch.
Poincare. Proust. Ptolemy. The Quran
(Koran). Rabelais. Racine. Rousseau. Russell. Schroedinger. Shaw. Shakespeare.
Adam Smith. Sophocles. Spinoza. Sterne. Swift. Tacitus. Thoreau. Thucydides.
Tolstoy. Tocqueville. Twain. Veblen. Virgil. Voltaire. Whitehead. Wittgenstein.
Woolf


Sangat tidak perlu diperdebatkan, apapun keyakinan agama kita, Bible dan Quran
tetap masuk dalam daftar Great Books yang perlu dipelajari HSer apabila berniat
mengadopsi metode classical, dan itu berarti pula buku-buku Charles Darwin dan
Karl Marx dianggap sama pentingnya untuk dipelajari. Jadi, keterbatasan
financial tidak lagi menghalangi keluarga yang ingin mengadopsi classical
homeschooling.

1 Comments:

Blogger Unknown said...

Hi Mba Ines,

Luar biasa blognya. Buat saya pribadi sangat inspiratif, sangat encouraging. Saya sudah agak tertarik untuk homeschool tapi masih banyak keraguan yang ternyata banyak dijawab oleh tulisan-tulisan di blog ini. Thanks.

Nama saya Sianni. Saya tinggal di Bandung. Anak saya perempuan satu-satunya umur 7 (10 hari lagi). Mau naik ke kelas 2. Saya dan papahnya sedang memikirkan secara serius soal HS dan researh gila-gilaan.

Ada beberapa pertanyaan yang saya ingin tanyakan mengenai tulisan-tulisan diblog:
1. Metoda apa yang mba Ines pakai? Classical yach? Trivium? Apa alasannya? Trus apa result yang didapat sejauh ini? Jika saya ingin tahu buku-buku yang direkomendasikan per level dimana saya bisa menemukannya? Saya sudah visit triviumpursuit tapi saya tidak menemukan daftar buku pergrade. Saya sekarang sedang meresearh metoda yang cocok untuk anak dan budget keluarga.
2. Saya sangat impressed dengan ke- PD-an Da Hye (ikut Cambridge test). Saya minta saran bagaimana agar anak bisa bagus bhs inggrisnya karena kami berdua bukan orang yang sgt fasih bhs inggris. Apakah audio book membantu? Banyak podcast di i tunes. Bagaimana cara memelih yang bagus dan kurang bagus? Saya membiasakan diri untuk berbicara dalam bhs inggris dengan dia, tapi saya yakin bhs inggris saya tidak memenuhi level cambridge.
3.Bisa tolong informasinya dimana beli buku used yang murah? Yang saya tahu amazon, e-bay, abebook.
4. Jika kita kirim buku tersebut ke indonesia berapa tax yang harus kita bayar? Bagaimana caranya agar buku tersebut tidak kena jalur red tape? Selama ini apakah pernah ada kesulitan dengan pabean soal bukunya?
5. Biasanya kurikulum Amerika pasti historynya kebanyakan American History, apakah kita ganti saja?
6. Untuk program math pakai buku apa? Why?
7. Saya juga kagum Da Hye bisa pilih buku sendiri dan bisa belajar sendiri. Saya pikir kalo kita beli kurikulum, sudah diatur bukan term ini belajar apa? Bahkan sampai ada schedule mingguan dan harian.
Saya pikir homeschooling itu ortu yang ngajar sama spt disekolah.Pokoknya nentuin semuanya. Saya sampai sempet mikir kalo pas saya sakit ato sibuk sekali gimana? Tapi ketika saya baca tulisan Sparta vs Athens saya benar-benar terkesan dan kayanya 'click' gitu why I want to homeschool my child. Saya merasa banget kalo disekolah anak tuch kaya di spoon feed information. Dan saya merasa interest anak saya tidak bisa dikembangkan (she loves nature, art, music)dengan maksimal. Bisa tolong sharing gimana cara belajarnya dari pertama wkt homeschoolong sampai bisa sangat mandiri seperti itu.
8. Apakah mba Ines tahu blog keluarga homescholling lainnya (diatas preschool). Saya harus belajar banyak dari semua keluarga homeschooling. Saya sebenernya sudah ikutan milis sekolahrumah, tapi belon berani nanya karena saya mau absorbed dulu banyak info.

Thanks a lot. Sorry, I ask too many
question. truly your blog is such an inspiration. Thanks again.

Could you send the reply to my yahoo address? bloom1803@yahoo.com.sg

2:18 AM  

Post a Comment

<< Home