Wednesday, December 26, 2007

Budget HS 5

"Seberapa sering HSer bisa melakukan field trip?" Bisa jadi setiap hari.
"Seberapa sering HSer belajar dengan pendekatan project/hands-on/real-life?" Bisa jadi setiap hari juga.
"Berapa biaya khusus yang dianggarkan untuk kebutuhan tersebut? pasti mahal?" Tidak lebih dari biaya hidup masing-masing keluarga yang dianggarkan setiap bulan.
"Bagaimana mungkin?" Karena dalam HS kita memiliki pilihan untuk mengintegrasikan kurikulum dalam kehidupan kita bukan sebaliknya.

Setiap hari kita hidup dalam suka maupun duka, dalam budget berlebih atau budget ketat, ada saja kesempatan belajar yang diberikan hidup kepada kita dan anak-anak kita. Kita hanya perlu melatih diri kita dan anak-anak kita untuk melihat setiap kesempatan ini, melihat segala sesuatu dengan cara berbeda.

"Kalau begitu bagaimana dengan kurikulum?" Apabila hari ini ada kesempatan belajar sesuatu yang seharusnya ada di kurikulum kelas 5 (atau tidak ada di kurikulum sama sekali) sedangkan anak masih di kelas 3, kenapa tidak? Ini homeschool.
"Jadi berarti HS murah/mahal?" Kita punya pilihan untuk menjalankan HS secara murah/mahal dalam hitungan nominal dan punya pilihan juga untuk menilai apa yang kita anggap murah/mahal tanpa tekanan dari siapapun.
"Jadi HS murah?" Yang jelas, Pencipta, melalui setiap hal yang berhubungan dengan kehidupan kita, sebenarnya telah memberikan banyak kemurahan-kemurahan. Keputusan ada di tangan kita.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home