Friday, December 14, 2007

Lebih dari Sekedar Angka dan Medali

Matematika, fisika atau mata pelajaran apapun memiliki makna dan seharusnya kita tahu bahwa penentu keberhasilan di masing-masing bidang tersebut adalah lebih dari sekedar angka bagus dan medali.

Tahun 1869, seorang insinyur bernama John Roebling terinspirasi dengan ide untuk membuat jembatan yang menghubungkan New York dan Long Island. Meskipun demikian para ahli pembuat jembatan di seluruh dunia berpikir itu adalah ide gila yang tidak akan mungkin bisa dilakukan.

Meskipun mendapat banyak tentangan, Roebling tidak menyerah. Ia berhasil meyakinkan putranya untuk mencapai mimpi tersebut bersama-sama. Bekerja bersama-sama untuk pertama kalinya, ayah dan anak membangun konsep bagaimana jembatan tersebut dibangun dan bagaimana mengatasi kendala yang ada. Mereka mempekerjakan kru pilihan mereka dan mulai membangun jembatan tersebut.

Proyek tersebut bermula baik tetapi baru beberapa bulan berjalan, kecelakaan tragis di proyek merengut nyawa John Roebling. Beberapa waktu kemudian Washington terluka dan mengalami kerusakan otak sehingga dia tidak bisa berjalan, berbicara atau bahkan bergerak kecuali menggerakkan satu jarinya.

Setiap orang menghujat proyek tersebut dan menuntut untuk dihentikan. Meskipun menjadi cacat, sang putra Washington tidak patah semangat. Dengan hanya menggerakkan satu jarinya dia berusaha berkomunikasi dengan istrinya. Ia membuat kode komunikasi dengan sang istri hanya menggunakan satu jarinya.

Melalui komunikasi ini dia mengistruksikan sang istri untuk memanggil para insinyurnya. Dengan metode yang sama pula ia berkomunikasi dengan para insinyur ini sehingga proyek berjalan kembali.

Selama 13 tahun Washington hanya menggunakan satu jari ini untuk berkomunikasi dengan istrinya yang kemudian diteruskan kepada mereka yang bekerja pada proyek tersebut sampai akhirnya jembatan selesai dibangun. Sampai hari ini jembatan Brooklyn yang spektakuler berdiri gagah sebagai penghormatan tidak semata-mata terhadap kejeniusan pemikiran seseorang tetapi juga terhadap semangat seseorang yang tidak tergoyahkan, kegigihan melawan keterbatasan, kesetiaan para pekerja pada seseorang yang telah dianggap gila oleh dunia, kerja keras dan juga sebagai penghormatan terhadap cinta dan pengabdian seorang istri yang selama 13 tahun yang panjang dengan penuh kesabaran berusaha keras menterjemahkan setiap pemikiran sang suami dari satu jarinya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home