Tuesday, November 13, 2007

Tip: Budget HS 3

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan keahlian yang bisa kita pelajari. Kita sering menghalangi diri anak-anak kita untuk mempelajari sesuatu karena keterbatasan finansial padahal banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran tanpa mengeluarkan biaya. Kuncinya adalah BARTER KEAHLIAN.

Sudah bertahun-tahun di lingkungan tempat tinggal kami, kami melakukan barter keahlian terutama untuk anak-anak. Syaratnya sangat sederhana dan tidak mengikat. Semua didasarkan pada prinsip memberi dan menerima. Ibu/bapak yang jago bercerita menukar keahliannya dengan ibu/bapak lain yang pintar membuat kue tradisional. Ibu/bapak yang mengerti IT menukar ilmunya dengan ibu/bapak lain yang bisa berenang, dst. Pada akhirnya mereka yang mau terlibat mendapatkan lebih dari satu sama lain dengan biaya yang sangat minimum.

Dengan membiasakan diri untuk bersumbangsih kepada orang lain, tanpa kita sadari kita dan anak-anak kita sebenarnya telah mendapat banyak ilmu-ilmu baru dari banyak orang, tidak terbatas di lingkungan tempat tinggal kita saja. Merasa tidak memiliki keahlian yang bisa disumbangkan? Mungkin ini saatnya bagi kita untuk melihat diri kita lebih dalam lagi, karena betapapun kecilnya itu, kita pasti memiliki kelebihan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home