Thursday, February 14, 2008

Refleksi Homeschool: Mama kan Orang Indonesia

“Mama kan orang Indonesia, kenapa tidak tahu nama binatang-binatang ini?” begitu protes Da Hye karena saya tidak tahu bahasa Indonesia dari beberapa binatang tidak bertulang belakang yang berhasil dia kumpulkan dari kolam pasang surut sedangkan dia tahu bahasa Inggris dan bahasa Koreanya.. Dari sekian banyak binatang yang dia kumpulkan ada ‘nudibranch’, ‘cowrie’, ‘barnacle’, ‘chiton’, dan ‘limpet’ yang saya tidak tahu bahasa Indonesianya.,

Ingin sekali membalas protesnya saat itu ‘Mama memang tidak tahu tetapi mama bukan satu-satunya orang Indonesia yang tidak tahu bahasa Indonesia binatang-binatang itu. Presiden kita juga belum tentu tahu. Grrrr….’ Ah, kekanak-kananan sekali saya kalau seperti itu. Kalau dipikir-pikir, malu sendiri sebenarnya hati ini. Sepanjang sejarah persekolahan, saya selalu mendapatkan nilai di atas rata-rata dalam semua mata pelajaran yang berhubungan dengan Indonesia tetapi hal sederhana seperti itu saya tidak tahu atau mungkin tidak pernah dididik untuk mau tahu.

Mungkin kalimat ‘poverty in a land of such plenty’ (kemelaratan di tanah yang berkelimpahan) dengan berat hati harus kita terima untuk menggambarkan apa yang terjadi di tanah air ini. Kita bisa menghabiskan berjam-jam tanpa henti menyalahkan setiap kambing hitam atas kondisi ini tetapi kita juga bisa menggunakan satu menit saja untuk sadar bahwa kita semua butuh ‘pendidikan’.

Setelah bertanya pada banyak orang, mencari referensi di berbagai toko buku dan internet, saya masih tidak tahu nama binatang-binatang itu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home