Monday, August 07, 2006

Location....Location....Location


Berbicara mengenai lokasi, pertanyaan klasik yang orang sering lontarkan kepada saya selama lebih dari 5 tahun homeschooling adalah "Apakah perlu disediakan tempat/ruang khusus untuk kegiatan homeschooling?" Sempat bingung juga menjawab pertanyaan ini karena jawabannya antara iya dan tidak.

Perlunya tempat/ruang khusus untuk homeschooling sangat tergantung pada preferensi masing masing keluarga. Belajar dari satu statement 'learning anywhere', bukan tempat yang menjadi masalah atau kendala tetapi sensitifitas homeschooler untuk dapat memetik suatu pelajaran dimanapun dia berada. Homeschooler bisa saja membaca buku di taman, mengerjakan soal hitungan di lantai, menggambar di mobil, berdiskusi atau berdebat dengan keluarga sambil bersepeda, mengarang buku di bawah kolong tempat tidur, praktikum kimia di dapur, belajar di pasar, di sawah, di sungai, dimanapun termasuk di dunia maya. Di dunia maya homeschooler bisa berada di submersible dengan Robert Ballard penemu bangkai titanic, berinteraksi dengan astronot di space station, pergi ke louvre museum di perancis, berjalan jalan di dalam khufu pyramid of giza, mengunjungi suku suku terasing, etc you name it. Di virtual lab homeschooler bisa melakukan eksperimen pembuatan vaksin, melakukan pembedahan, bermain main dengan mikroskop elektron. Di dunia ini juga homeschooler bisa berinteraksi, berdiskusi bahkan bekerja sama dengan teman teman di canada, inggris, jepang, korea, alaska bahkan pedalaman hutan hujan tropis di afrika barat melalui web conference.

Homeschooler juga bisa berinteraksi dengan berbagai macam ahli dimanapun mereka berada. Jadi mengenai tempat, memakai apa yang sudah ada adalah keputusan bijaksana...lagipula, menjadi seorang homeschooler, anak-anak harus dibiasakan untuk menjadi a man of production not a man of over consumption. Meminjam istilah real estate mengenai pentingnya location..location..location..bagi homeschooler classroom is wherever learning happens. So location? It's so unlimited.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home