Sunday, August 06, 2006

Kurikulum Siap Pakai ("Ready Made")

Kebanyakan calon keluarga homeschooling yang sudah yakin untuk mengadopsi suatu standar pendidikan tertentu (Indonesia,Internasional atau negara lain) biasanya masih harus dihadapkan pada dilemma yaitu apakah lebih baik membeli kurikulum yang siap pakai atau merancang dan menyiapkan kurikulum sendiri.

Di Indonesia, penyedia kurikulum siap pakai khusus untuk homeschooler memang belum ada. Di luar Indonesia penyedia kurikulum untuk homeschool ada berpuluh-puluh dan apa yang ditawarkan sangat beragam baik dari segi isi maupun harga.

Walaupun penyedia kurikulum luar negeri ini berbeda satu sama lain,secara garis besar apa yang diberikan dalam satu paket kurikulum kurang lebihnya adalah sebagai berikut:
- manual mengajar bagi orangtua
- lesson plan satu tahun untuk semua pelajaran
- buku buku bacaan
- buku kerja (work book)
- kaset/CD/DVD/Video
- perlengkapan seni dan keterampilan
- portfolio binder

Karena perbedaan antara satu penyedia kurikulum dengan yang lain sering kali sangat signifikan, ada baiknya kalau keluarga mempertimbangkan setiap pilihan yang ada dengan baik. Yang terpenting, apapun yang menjadi pilihan, tidak membeli kurikulum siap pakai sekalipun, harus dapat mengakomodasi kepentingan anak-anak dan keluarga sehingga belajar tidak lagi menjadi belenggu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home