Sunday, August 06, 2006

Einstein dan Homeschooling

Sepanjang kita hidup entah berapa kali kita mendengar nama Einstein disebut-sebut. Produk susu, makanan otak, sekolah dan lembaga pendidikan lain sering menggunakan nama Einstain sebagai janji keberhasilan. Lalu apa kaitan Einstein dengan homeschooling? Ada dua hal menarik, orang yang pernah dengan seksama mendalami Einstein baik lewat buku-bukunya, pernyataan atau kisah hidupnya, mereka tahu bahwa Einstein partially homeschooled dan tidak pernah merendahkan homeschooler. Mereka yang cuma mengagungi Einstein karena pernah dengar bahwa Einstein itu jenius biasanya melihat homeschooling dengan sebelah mata, bahwa homeschooling hanya akan mampu menghasilkan manusia standar atau dibawah standar.

Para orangtua yang telah melakukan homeschool pasti akrab dengan perlakuan merendahkan, meragukan dan mematahkan semangat yang diberikan baik oleh keluarga besar, tetangga, kenalan, pihak akademisi dan masyarakat pada umumnya.Pertanyaan atau pernyataan seperti berikut akan sangat akrab dilontarkan kepada orangtua yg melakukan homeschooling: ‘Memangnya anda guru?’ ‘Ibu rumah tangga mana mungkin bisa ngajar kimia waktu SMU’ ‘Anda lulusan apa? Apa tidak takut kalau anak anda kalah bersaing. Sekolah sekarang banyak yang mempekerjakan Phd lho.’, dll. Para orangtua yang baru tertarik dengan homeschooling biasanya langsung ambruk mentalnya dan serta merta mempercayai bahwa mereka tidak mampu.Mereka yang telah melalui semua itu dan terus menjalankannya mungkin akan tersenyum dan merasa geli. Lalu apa hubungannya dengan Einstein?

Begitu banyak orang memuja-muja Einstein (walaupun memang Einstein dan begitu banyak orang lain pantas diberikan acungan jempol). Produk susu, makanan otak,olimpiade ilmu pengatuhuan bahkan sekolahan sering memberikan janji untuk membentuk generasi Einstein tetapi jarang ada yang tahu mengenai pemikiran Einstein sendiri mengenai hidup dan pembelajaran. Berikut adalah beberapa quoteEinstein mengenai hidup dan pembelajaran:

The only thing that interferes with my learning is my education in school

Education is what remains after one has forgotten everything he learned in school

Teaching should be such that what is offered is perceived as a valuable giftand not as a hard duty

I never teach my pupils; I only attempt to provide the conditions in whichthey can learn

Never regard study as a duty, but as the enviable opportunity to learn toknow the liberating influence of beauty in the realm of the spirit for your ownpersonal joy and to the profit of the community to which your later work belongs

One should guard against preaching to young people success in the customary form as the main aim in life. The most important motive for work in school andin life is pleasure in work, pleasure in its result, and the knowledge of thevalue of the result to the community

Imagination is more important than knowledge

The only source of knowledge is experience

The whole of science is nothing more than a refinement of everyday thinking

Try not to become a man of success but rather to become a man of value

Weakness of attitude becomes weakness of character

A hundred times every day I remind myself that my inner and outer life arebased on the labors of others

Great spirits have always found violent opposition from mediocre minds

Anyone who has never made a mistake has never tried anything new

Peace cannot be achieved through violence, it can only be attained throughunderstanding(Catatan: Buku-buku Einstein bisa didownload gratis di www.gutenberg.org)

Semoga apa yang pernah dikatakan Einstein bisa menguatkan para orangtua homeschooling yang mungkin merasa tidak cukup baik, tidak mampu dan merasa rendah. Jadi jangan pernah malu berdiri bahwa anda sebagai orangtua homeschooling mungkin hanya bisa satu keahlian yaitu membuat kue apem dan tidak akan mungkin mengajar teori rekayasa genetika tetapi kita harus yakin bahwa kita mampu mendidik anak-anak kita untuk mampu belajar sendiri dari apapun dan siapapun juga. We don’t teach algebra, we teach them how to teach themselves whenever they need it.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home