Sunday, August 06, 2006

Homeschooling with Great Books

Sebagian keluarga memilih homeschooling dengan menggunakan "GreatBooks". Great Books adalah sejumlah buku yang ditulis dalam 3milenia terakhir yg dianggap paling berpengaruh dalam pembentukan peradaban barat. Sekolah seperti Eton di Inggris yg terkenal sebagai sekolah para bangsawan dan orang-orang berpengaruh di Inggris danEropa juga menggunakan "Great Books".

Great Books dengan harga ribuan dollar bisa dibeli di beberapa curriculum provider, tampilannya sangat bagus. Tetapi apabila para homeschooler mau sedikit repot untuk men-download, semuanya bisa didapat GRATIS di www.gutenberg.org . Beberapa penulis yg termasuk dalam daftar great books adalah: Homer, Aeschylus, Sophocles,Euriphides, Aristophanes, Herodotus, Thucydides, Plato, Aristotle,Hippocrates, Archimedes, sampai Ptolemy, Keppler, Copernicus,Machiavelli, Hobbes, Shakespeare, Hemmingway, Galileo Galilei,Descartes, Pascal, Newton, Karl max, Adam Smith, Einstein, Goethe,Darwin, Freud, dll ( yang tertarik dgn daftar lengkapnya, bisa email saya)

Kelebihan dari penggunaan 'Great Books', homeschooler bisa belajar disiplin ilmu/ide besar langsung dari penulisnya bukan bahasan orangl ain dan dari situ bisa mengembangkan pemikiran atau pendapat mereka sendiri tentang pemikiran-pemikiran besar. (Tulisan dalam bahasa asli maupun terjemahan dalam bahasa inggrisnya juga tersedia)

Tentu saja setiap anak berbeda dan orientasi setiap keluarga juga berbeda. Kalaupun "Great Books" ini tidak menjadi pilihan, paling tidak kita sebagai keluarga homeschooling punya masukan baru untuk studi perbandingan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home