Friday, October 10, 2008

Tip: Budget HS 11

Beritanya berjudul:
Depdiknas Harus Akui Gagal Sediakan Buku Pelajaran
http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/26/08000997/depdiknas.harus.akui.gagal.se\
diakan.buku.pelajaran


Banyak sekali kenyataan mengerikan di lapangan mengenai pengadaan bahan belajar di sekolah-sekolah yang tidak semua orang awam tahu. Kalaupun ada segelintir kenyataan pahit yang bocor, biasanya ujungnya hanya saling menyalahkan, saling berdebat dan pada akhirnya kebutuhan belajar anak-anak semakin tidak terlayani.

Dalam HS tidak ada masalah yang tidak bisa dipecahkan karena kendali ada di tangan kita. Kalau di sekolah biasa uang ratusan ribu rupiah hanya bisa dipakai untuk mendapatkan bahan ajar yang sangat minim untuk kebutuhan satu tahun, dalam HS uang puluhan ribu rupiah bisa dipakai untuk mendapatkan bahan ajar mutakhir untuk kebutuhan bertahun-tahun. Kalau di sekolah aliran bahan ajar ini mengalir tertatih-tatih sehingga sering kali daerah-daerah yang tidak strategis tidak terjamah dengan bahan-bahan ajar yang baik, dalam HS bahan ajar terbaru yang mungkin baru diluncurkan di negara-negara maju bisa dinikmati oleh keluarga-keluarga dimanapun mereka dalam hitungan hari atau bahkan detik. Kalau di sekolah biasanya masing-masing sekolah terbiasa saling merahasiakan bahan ajar yang mereka pakai, bagaimana memperolehnya dan tidak bersedia meminjamkan atau bahkan sekedar memperlihatkan bahan-bahan ajar yang mereka miliki, dalam HS kita tidak harus berperilaku demikian.

Jadi bagaimana cara untuk mendapatkan bahan ajar yang baik dengan biaya yang terjangkau bagi semua dan yang bisa dipergunakan dan di-update dengan cepat? Kuncilah adalah kerja sama entah itu dalam bentuk saling meminjamkan bahan, tukar menukar, menghibahkan, patungan, dll antar keluarga. Bukankah dengan begini 'gotong-royong' tidak hanya dipakai untuk menjawab soal ujian dengan benar?

PS. Khusus untuk keluarga/komunitas yang kesulitan mendapatkan bahan-bahan ajar,
berbagai buku bacaan dari berbagai disiplin ilmu, referensi, ensiklopedia, dll
untuk berbagai umur karena kendala tidak adanya/sulitnya mendapatkan bahan ajar
di daerah masing-masing atau karena sambungan internet yang lambat/mahal
silahkan hubungi saya lewat email pribadi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home