Saturday, August 11, 2007

Liburan Homeschool

Bill Gates: Life is not divided into semesters. You don't get summers off and very few employers are interested in helping you find yourself (Hidup tidak dibagi dalam semester. Kamu tidak mendapatkan liburan musim panas dan sangat sedikit atasan yang tertarik membantu menemukan jati diri anda)

Apakah HSer juga punya liburan semester dan liburan kenaikan kelas? Bagaimana dengan
sabtu, minggu dan tanggal merah?

Sebenarnya kalau kita memiliki persepsi yang benar terhadap apa itu belajar, pertanyaan di atas mungkin tidak pernah terlontar. Apakah anak tidak boleh berpikir/ bertanya/ berbicara/ tertarik/ membaca/ berkomentar/ berkarya/ berbuat sesuatu atau melakukan apapun juga apabila tanggal merah? Apakah di hari minggu dia tidak boleh menanam bunga atau membaca, memompa ban sepeda atau bernyanyi menirukan suara binatang, membantu memasak atau bertanya mengenai siapa yang lebih berkuasa, Cleopatra atau Nefertiti? Apakah setiap saat liburan tiba kita berpikir bahwa otak mereka secara alamiah mengalami semacam mati suri dan menjadi disfungsional?

Apakah di hari senin anak tidak boleh merasa sedih, menyendiri dan membisu? Apakah di tanggal bukan merah anak tidak boleh kecapaian dan duduk-duduk santai? Apakah di hari yang bukan hari libur anak tidak boleh jatuh sakit?

Anak belajar setiap saat dan mereka tahu kapan mereka membutuhkan istirahat. Hanya saja sering kali kita sebagai orangtua bukannya menfasilitasi kebutuhan belajar anak tetapi justru mengalihkannya, melarangnya atau bahkan mematikannya sama sekali. Bukannya memahami kejenuhan, kecapaian dan kebutuhan istirahat mereka, tetapi justru meremehkannya.

Masih penasaran mengenai liburan homeschool? Sekarang kita tahu jawabannya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home